فعالية استخدام نموذج التعليم سقوار ورد بوسيلة الصورة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الشكور بارغ غاسم بوجونكا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Nurul (2020) فعالية استخدام نموذج التعليم سقوار ورد بوسيلة الصورة لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الشكور بارغ غاسم بوجونكا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Laili_D02214020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro masih tradisional terutama saat pembelajaran menulis. Guru menyampaikan materi kepada pesrta didik tanpa adanya inovasi dalam penggunaan metode, model, maupun media pembelajaran yang ada, sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti memilih model pembelajaran Word Square dengan media Gambar dengan asumsi bahwa penerapan model dengan media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis. Peneliti membahas tentang efektifitas penggunaan model pembelajaran Word Square dengan Media Gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis untuk siswa di kelas VII MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegor dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana kemampuan Menulis siswa kelas VII di MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro? 2) Bagaimana penggunaan model pembelajaran Word Square dengan Media gambar di kelas VII pada MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro? 3) Bagaimana efektifitas penggunaan model pembelajaran Word Square degan Media Gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis pada siswa di kelas VII MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro? Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan penelitian eksperimen yang menggunakan kelas khusus yaitu kelas VII pada MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro. subjek penelitiannya adalah semua siswa yang berada di kelas VII A, jumlah siswa yang di jadikan subyek ada 24 siswa. Dan instrumen penelitian yang digunakan adalah : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Tes, dan 4) Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektifitas model pembelajaran Word Square dengan Meda Gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis siswa kelas VII di MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari Analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (15,3) sedangkan T-tabel ( 2,49987). Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah penerapan model dengan media pembelajaran mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga penerapan model pembelajaran Word Square dengan media Gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis khususnya bagi siswa kelas VII di MTs Asy-Syakur Nglingi Bareng - Ngasem - Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Nurulnurullaily660@gmail.comD02214020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorThohir, Muhammad-197408201999081001
Thesis advisorSyarifah, Ainun-197806122007012010
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Word Square; Media Gambar Kemampuan Menulis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Laili
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:56
Last Modified: 13 Feb 2020 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38681

Actions (login required)

View Item View Item