Penerapan model jaringan antrian Jackson pada instalasi rawat jalan rumah sakit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faris, Monike Febriyani (2019) Penerapan model jaringan antrian Jackson pada instalasi rawat jalan rumah sakit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Monike_H02216008.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dalam proses pelayanan kesehatan suatu rumah sakit, seorang pasien mengantri untuk segera mendapatkan layanan merupakan hal yang umum terjadi. Jika antrian dalam pelayanan tersebut panjang dan lama maka waktu yang dihabiskan pasien untuk mengantri juga terlalu lama dan akan membuat pasienjenuh. Dengan menerapkan sistem jaringan antrian yang dapat memperkirakan situasi antrian yang sesungguhnya maka permasalahan antrian dapat diidentifikasi dan diminimalisir. Studi kasus dalam penelitian ini adalah sistem antrian instalasi rawat jalan rumah sakit yang akan diterapkan dengan metode jarigan antrian Jackson terbuka untuk meminimalisir waktu tunggu dan panjang antrian tiap.workstation. Workstation yang diteliti dalam penelitian ini adalah workstation registrasi, prekonsultasi dan konsultasi poli jantung hingga farmasi. Pengumpulan data dilakukan selama 6 hari menghitung jumlah kedatangan dan keberangkatan setiap titik dengan interval 5 menit. Total waktu menunggu pasien sebelum diterapkan dengan metode Jackson adalah 108 menit. Dengan diterapkannya metode Jackson total lama waktu menunggu pasien dapat berubah menjadi 10 menit jika pihak rumah sakit menambah pegawai di titik registrasi sebanyak 4 server, titik prekonsultasi poli jantung sebanyak 3 perawat, sedangkan untuk workstation konsultasi sebanyak 4 dokter dan farmasi sebanyak 7 pegawai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faris, Monike Febriyanimonikefebriyani@gmail.comH02216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Jaringan antrian; Jackson; Rumah sakit
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Monike Febriyani Faris
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:01
Last Modified: 11 Feb 2020 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38660

Actions (login required)

View Item View Item