Pengembangan perangkat pembelajaran model brain based learning untuk melatih kemampuan literasi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Fat (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model brain based learning untuk melatih kemampuan literasi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah_D04215008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting dalam perkembangan teknologi dan sains. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika ini menggunakan model Brain Based Learning untuk melatih kemampuan literasi matematis peserta didik, serta untuk mengetahui kevaidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat tingkat kemampuan literasi matematis peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan.Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Brain Based Learning berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Uji coba dilakukan pada 34 peserta didik kelas VIII E.MTs Negeri 1 Kota Surabaya. Hasil penelitian dikatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,07 dan LKPD sebesar 3,96. Masing-masing perangkat pembelajaran dikatakan “praktis” dengan mendapat nilai B oleh ketiga validator sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan perangkat dikatakan “efektif” dengan kategori aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase sebesar 95,1% pada pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 96,4% sedangkan keterlaksanaan sintaks memperoleh rata-rata sebesar 94,56% pada pertemuan pertama dan rata-rata sebesar 97,75% pada pertemuan kedua, respon peserta didik memperoleh kategori positif dengan rata-rata sebesar 73,24%. Kemampuan literasi matematis tinggi sebanyak 7 peserta didik dengan presentase 20,59%, kemampuan literasi matematis sedang sebanyak 24 peserta didik dengan persentase 70,59%, serta kemampuan literasi matematis rendah sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 8,82%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatih kemampuan literasi matematis peserta didik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Fatfafatimah@gmail.comD04215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED1974110420081012008
AuthorSuparto, SUNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,bbl,literas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatimah Fatimah
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:36
Last Modified: 07 Jan 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38650

Actions (login required)

View Item View Item