Pengembangan media pembelajaran menggunakan lectora inspire intuk melatihkan kemandirian belajar matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriya, Aminatuz (2019) Pengembangan media pembelajaran menggunakan lectora inspire intuk melatihkan kemandirian belajar matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatuz Zuhriya_D74215080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran menggunakan lectora inspire. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran dan mendeskripsikan kemandirian belajar matematika siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan.Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: 1) Analysis (Analisis); 2) Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (Penerapan); 5)Evaluation (Evaluasi). Uji coba dilakukan kepada lima belas siswa SMP Bilingual Terpadu. Teknik pengumpulan data menggunakan field note, validasi, tes, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar field note, lembar validasi, lembar tes, dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan analisis catatan lapangan mengacu model ADDIE, analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan media, dan analisis kemandirian belajar matematika siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran menghasilkan persentase rata-rata total sebesar 78%, sehingga media pembelajaran menggunakan lectora inspire dikategorikan valid. Masing-masing validator memberikan nilai berbeda terhadap media pembelajaran, yaitu nilai B yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi dari validator ahli media, nilai C yang berarti dapat digunakan dengan banyak revisi dari ahli materi, dan nilai A yang berarti dapat digunakan tanpa revisi dari validator lain, sehingga media pembelajaran menggunakan lectora inspire dikategorikan praktis. Respon siswa terhadap media pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 85% dan dapat diketahui siswa yang tuntas memenuhi standar KKM persentasenya adalah 67% sehingga penerapan lectora inspire tersebut dapat dikategorikan efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika tinggi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriya, Aminatuzriyazuhriya47.rs@gmail.comD74215080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
UNSPECIFIEDLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Subjects: Mandiri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aminatuz Zuhriya
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:10
Last Modified: 07 Jan 2020 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38646

Actions (login required)

View Item View Item