Peningkatan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak melalui kegiatan Montase di Kelompok B RA Muslimat NU 65 Faqih Hasyim Siwalanpanji Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosulillah, Lailatul (2019) Peningkatan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak melalui kegiatan Montase di Kelompok B RA Muslimat NU 65 Faqih Hasyim Siwalanpanji Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Rosulillah_D98215058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang meningkatnya kemampuan motorik halus terutama pada koordinasi gerak mata dan tangan peserta didik kelompok B2. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa dalam kemampuan motorik halus (koordinasi gerak mata dan tangan), menunjukkan bahwa 14 peserta didik masih belum berkembang atau mulai berkembang dan 5 peserta didik mampu mengoordinasi gerak mata dan tangan dengan baik. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan montase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak? dan bagaimana peningkatan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak melalui kegiatan montase di kelompok B2 RA Muslimat NU 65 Faqih Hasyim Siwalanpanji Buduran Sidoarjo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan kegiatan montase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak telah terbukti berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari observasi penerapan kegiatan montase sebanyak 49. Nilai tersebut masuk pada kriteria sangat baik. 2) terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak melalui kegiatan montase. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang berkembang pada siklus I 27,77 (Mulai Berkembang) meningkat pada siklus III menjadi 93,75 (Berkembang sangat baik) dan memenuhi indikator yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosulillah, Lailatullailarosulillah11@gmail.comD98215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIED196707061994032001
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIED197304092005012002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lailatul Rosulillah
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:27
Last Modified: 09 Jan 2020 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38644

Actions (login required)

View Item View Item