Litersai Pendidikan Agama Islam siswa SMA Khadijah Surabaya pada era Revolusi Industri 4.0

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoir, Najibul (2019) Litersai Pendidikan Agama Islam siswa SMA Khadijah Surabaya pada era Revolusi Industri 4.0. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najibul Khoir_F02317094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan literasi dalam abad ke-21 merupakan hal yang harus dilakukan generasi muda melalui sekolah. Namun faktanya hal tersebut belum nampak pada proses pembelajaran baik di dalam atau di luar kelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut dapat terjadi adalah karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain HP dari pada membaca buku. Oleh karena itu, adanya Gerakan Literasi Sekolah agar peserta didik memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Khadijah. Subjeknya adalah kepala sekolah, guru, pustakawan, peserta didik dan data pendukung lainnya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah; (1). Indikator literasi Pendidikan Agama Islam siswa SMA Khadijah Surabaya pada Era 4.0 yaitu; Mengenal dan mengetahui segala buku yang telah direkomendasikan sekolah. Menulis dengan bersungguh-sungguh dan mengevaluasi secara kritis dari tulisan yang dibuatnya dan memberi makna bagi teks yang dibaca dan dibuatnya. mampu menampilkan aktifitas literasi yang bisa diakses secara komunal (secara luas). Literasi itu membentuk sebuah karakter. Literasi membentuk kolaborasi. (2). Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan literasi Pendidikan Agama Islam siswa SMA Khadijah Surabaya pada Era 4.0 adalah: Memasukkan literasi ke dalam mata pelajaran melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Membaca 15 Menit Sebelum KBM Dimulai. Mengadakan Lomba Literasi Pada Tiap Semester. Menyediakan Taman Baca. Menyediakan Perpustakaan Kelas. Menjadikan Perpustakaan Sebagai sentral kegiatan. Mengadakan Kegiatan literasi Berbasis 4.0. Evaluasi dilakukan satu minggu sekali yaitu Musyawaroh Guru Mata Pelajaran (MGMP). (3). Faktor pendukung sangat di pengaruhi oleh kerja sama yang baik antar civitas akademik, yayasan, guru, peserta didik dan orang tua, fasilitas sekolah, kepercayaan orang tua dan dukungan masyarakat kepada sekolah. Faktor penghambat di SMA Khadijah Surabaya terletak pada peserta didik tidak hanya mengikuti satu kegiatan di sekolah, kurangnya kedisiplinan peserta didik, Keterbatasan waktu dan padatnya kegiatan sekolah serta guru yang tidak hadir untuk mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoir, Najibulknajibul7@gmail.comF02317094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZuhri, Muhibbinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: najibul khoir
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:57
Last Modified: 14 Jan 2020 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item View Item