Peningkatan pemahaman materi masa kanak kanak Nabi Muhammad SAW melalui media Teka Teki Silang berbasis aplikasi di Kelas III A MI Islamiyah Dinoyo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nina Rohmatul (2019) Peningkatan pemahaman materi masa kanak kanak Nabi Muhammad SAW melalui media Teka Teki Silang berbasis aplikasi di Kelas III A MI Islamiyah Dinoyo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nina Rohmatul Fauziyah_ D97216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya tingkat pemahaman siswa kelas III A pada materi masa kanak-kanak Nabi Muhammad Saw. Hal ini disebabkan karena guru masih kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan tidak berkonsentrasi. Ditambah lagi banyaknya sub materi yang diberikan membuat siswa merasa kesulitan dalam memahami materi masa kanak-kanak Nabi Muhammad Saw. Dari total 31 siswa yang berada di kelas III A hanya ada 10 siswa yang mampu memenuhi nilai KKM yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan media teka-teki silang berbasis aplikasi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi masa kanak-kanak Nabi Muhammad Saw pada siswa kelas III A di MI Islamiyah Dinoyo Lamongan. (2) Mendeskrispsikan hasil peningkatan pemahaman siswa setelah digunakannya media teka-teki silang berbasis aplikasi di kelas III A MI Islamiyah Dinoyo Lamongan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian siswa kelas III A dengan jumlah 31 siswa dan tempat penelitian di MI Islamiyah Dinoyo Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, tes tulis dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan media teka-teki silang berbasis aplikasi telah berhasil digunakan. Hal ini terbukti dari perolehan hasil aktivitas guru yang mendapatkan nilai 82 (Baik) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 91 (Sangat Baik) pada siklus II. Hasil aktivitas siswa yang mendapat nilai 71 (Cukup) pada siklus I menjadi 89 (Baik) pada siklus II. (2) Hasil dari pemahaman siswa III A mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 65,12 (Cukup) meningkat menjadi 73 (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89 (Sangat Baik). Dari hasi persentase ketuntasan pemahaman pada pra siklus sebesar 32,26% (Rendah) meningkat menjadi 58,06% (Cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 87,10% (Tinggi Sekali).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nina RohmatulNinauinsby@gmail.comD97216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherNadlir, Nadlir-196807221996031002
TeacherMunawir, Munawir-196508011992031005
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NINA ROHMATUL FAUZIYAH
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:00
Last Modified: 07 Jan 2020 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38610

Actions (login required)

View Item View Item