Analisis kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggunakan metode webqual 4.0 modifikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isthafana, Muhammad Rifqi (2019) Analisis kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggunakan metode webqual 4.0 modifikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rifqi Isthafana_H76215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur perlu memiliki sebuah website yang baik untuk melakukan penyampaian informasi dan layanan kepada seluruh masyarakat umum, instansi dan pegawai yang berada dibawah nauangannya. Proses evaluasi sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari sebuah website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi pengguna saat ini ketika mengakses website tersebut sehingga dihasilkan rekomendasi sebagai pengembangan untuk meningkatkan kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Sampel dari penelitian ini meliputi 385 responden yang dihitung berdasarkan rumus cochran dan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan webqual 4.0 yang memiliki 3 variabel independen yaitu usability, information quality dan service interaction quality dan 1 variabel dependen yaitu kepuasan pengguna (user satisfaction). Dari hasil uji F diperoleh hasil bahwa variabel usability, information quality dan service interaction quality secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil uji T menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga diberikan rekomendasi berdasarkan 3 variabel independen dari webqual. Rekomendasi tersebut adalah melakukan penambahan halaman panduan untuk penggunaan website, melakukan penataan halaman utama pada bagian daftar berita, informasi dan pengumuman yang kurang tertata rapi dan menyediakan fasilitas chatting atau tanya jawab yang interaktif untuk menunjang hubungan antara user website dengan instansi. Dengan rekomendasi tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isthafana, Muhammad Rifqirifky2597@gmail.comH76215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id0708118003
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Webqual; Kualitas Website; Kepuasan Pengguna
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Rifqi Isthafana
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:04
Last Modified: 12 Feb 2020 04:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38592

Actions (login required)

View Item View Item