Terapi okupasi untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif di Homeschooling Group Sekolah Dasar (HSG-SD) Khoiru Ummah Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Komsiah Khusnul (2019) Terapi okupasi untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif di Homeschooling Group Sekolah Dasar (HSG-SD) Khoiru Ummah Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Komsiah Khusnnul Khotimah_B73213091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendekatan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data yang ada pada teori dengan data yang terdapat pada lapangan. Sedangkan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi berperan, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah melakukan proses terapi okupasi. Penelitian ini berusaha meningkatkan konsentrasi konseli melalui terapi okupasi, yaitu proses penyembuhan melalui aktifitas yang melatih konsentrasi. selain itu untuk meningkatkan semangat konseli dalam menjalani aktifitas ini, peneliti menerapkan teknik reinforcement berupa pujian dan pelukan apabila konseli mampu berkonsentrasi selama 30-45 menit. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa konsentrasi konseli yang tidak fokus ditandai dengan kebiasaan dalam memegang gadget, seringnya bermain, suka menggambar, dan berbuat sesuka hatinya. Melalui terapi okupasi, hasil akhir dari Bimbingan dan Konseling Islam dinyatakan berhasil karena konseli sebelumnya tidak mau mendengarkan, tidak mau memperhatikan, tidak mau mengerjakan tugas-tugas sekolah baik dirumah maupun disekolah, dan tidak mau melihat penjelasan guru. Namun, setelah diterapkan terapi okupasi konseli mampu berkonsentrasi dengan baik, mampu memperhatikan penjelasan guru, mulai mau mengerjakan tugas sekolah, mampu mendengarkan dengan baik, dan mulai mengurangi kebiasaan menggambarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Komsiah KhusnulAzwaricah.30@gmail.comB73213091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMohamad, ThohirUNSPECIFIED197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Belajar
Keywords: Terapi okupasi; Hiperaktif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Komsiah Khusnul Komsiah khusnul khotimah
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:42
Last Modified: 07 Jan 2020 03:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item