Korelasi penggunaan strategi critical incident dengan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutmainnah, Siti (2019) Korelasi penggunaan strategi critical incident dengan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sitimut Mainnah_D01216033.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kebanyakan strategi yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah-sekolah hanya berpusat kepada guru dan hal ini mengakibatkan siswa cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah strategi critical incident, yang mana siswa dapat lebih bersemangat untuk belajar terutama pada mata pelajaran fiqih sehingga nilai kemampuan psikomotoriknya pun akan lebih baik. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat yakni: Bagaimana guru mengelola pembelajaran fiqih dengan strategi critical incident, bagaimana hasil kemampuan psikomotorik siswa, adakah hubungan penggunaan strategi critical incident dengan kemampuan psikomotorik siswa di MTs Negeri 2 Sidoarjo pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 2 Sidoarjo dan sampel penelitian ini adalah 68 siswa yang diambil dengan cara Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah product moment, analisis ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan strategi critical incident dengan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan strategi critical incident pada pembelajaran fiqih termasuk baik yaitu mencapai nilai rata-rata 82,2. Hal ini juga dilihat dari observasi aktivitas siswa yang diperoleh nilai rata-rata cukup baik yaitu 75. Dari data yang didapatkan pada perhitungan product moment menunjukkan bahwa kemampuan psikomotorik siswa tergolong cukup baik. Dari data hasil penilaian performance (praktek) siswa dianalisis dengan menggunakan product moment, didapatkan hasil bahwa rxy = 0,95 dan r tabel lebih besar daripada r table pada signifikansi 5 % = 0,2387 dan pada taraf signifikansi 1 % = 0,3104. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rxy lebih besar daripada r tabel sehingga terdapat korelasi/hubungan antara penggunaan strategi critical incident dengan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutmainnah, SitiSitimutmainnah1298@gmail.comD01216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinamizuhri@gmail.com197207111996031001
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofahuda@gmail.com195702121986031004
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Critical Incident; Psikomotorik; Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Mutmainnah
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:30
Last Modified: 07 Jan 2020 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38560

Actions (login required)

View Item View Item