Perancangan Muslim Art Center Di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrichah, Lia Rizqiyah (2019) Perancangan Muslim Art Center Di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Rizqiyah Mufarrichah_H73215022.pdf

Download (13MB)

Abstract

Seni adalah suatu bentuk ungkapan isi hati manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya baik yang dihasilkan manusia maupun instrumen. Seni dalam Islam adalah penggerak nalar yang bisa menjangkau lebih jauh apa yang berada di balik materi.Setiap manusia berhak menggeluarkan kreativitas mereka seperti seni dalam membaca Al-Qur’an, seni kaligrafi, qosidah, banjari. Seni Islam adalah ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam, hidup dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan. Di Jawa Timur pada tahun 2016 jumlah pemeluk agama Islam mencapai 40.72 juta jiwa. kota dengan penduduk Islam terbesar di Jawa Timur yakni Surabaya 2.499.116juta jiwa. Kesenian islam di Surabaya mengalami perkembangan yang sangat pesat salah satunya kesenian islam yang bercorak timur tengah yang disebut seni islam Budaya kesenian islam yang berada di surabaya yang senantiasa dilestarikan diharapkan mampu menjadi opsi destinasi wisata tambahan bagi wisatawan selain keindahan alam serta tradisi budaya lainnya yang ada di Surabaya. Untuk mendukung itu semua, maka diperlukan sebuah perancangan Muslim Art Centre dengan pendekatan ikonik yang memiliki ciri khas atau penanda.Maka Ikonic dapat diartikan bangunan yang mempunyai Tanda, atau Objek yang menjadi penanda (baik tempat maupun waktu). Dengan begitu maka Arsitektur Ikonik adalah karya arsitektur atau bangunan yang dapat dijadikan penanda di tempat lingkungan sekitar bahwa disitulah pusat seni muslim serta memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mengembangkan jiwa seni keislaman di kota Surabaya guna menjadikannya sebagai tempat sosialisasi publik, pertunjukan berdakwah atau pementasan kesenian yang berbasis keislaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrichah, Lia RizqiyahLiarizqiyah13@gmail.comH73215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, QurotulUNSPECIFIED2004108902
Thesis advisorWidiastuti, Mega AyundyaUNSPECIFIED2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Seni; Jawa Timur;Arsitektur Ikonik.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Lia Rizqiyah Mufarrichah
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:27
Last Modified: 09 Jan 2020 01:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38555

Actions (login required)

View Item View Item