Pengaruh penerapan Spiritual Based Learning terhadap aksi radikalisme siswa di MTsN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diba, Icha Fara (2019) Pengaruh penerapan Spiritual Based Learning terhadap aksi radikalisme siswa di MTsN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Icha Fara Diba_D91216056.pdf

Download (17MB)

Abstract

Fenomena akhir-akhir ini di abad ke 21 salah satunya adalah radikalisme yang menjadi tren dikalangan masyarakat. Sebuah pertarungan yang menarik dan terjadi di negara manapun termasuk di Indonesia. perkembangan yang terjadi tidak hanya melalui politik dan ekonomi masyarakat namun juga melalui dunia pendidikan. Ironisnya kecenderungan yang menajadi target utama adalah generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Hal ini menjadi pusat yang perlu diperhatikan karena perkembangan dan kemajuan sebuah negara dilihat dari sumber daya manusia. jika generasi muda sudah di rusak dengan pemahaman radikal maka bisa dilihat masa depan suatu negara. Pendidikan menjadi aspek yang penting dalam kemajuan negara. Bimbingan dan pembinaan peserta didik adalah hal utama sebagai bekal selanjutnya. Kegiatan-kegiatan keagamaan agama islam harus terus diberikan sebagai pondasi peserta didik dan pemahaman akidah, sejarah kebudayaan islam tanpa menyampingkan nilai-nilai kebhinekaan dan kebangsaan. Hal ini menjadi salah satu cara pencegahan yang terjadi di pendidikan menengah pertama. Maka dari itu penting untuk memberikan pembelajaran yang berbasis spiritual kepada peserta didik. Dalam penulisan skripsi ini akan memberikan pemahaman mengenai indikator sikap radikalisme dan salah satu upaya untuk mencegahnya. Sehingga penulis akan memberikan konsep pemikiran yaitu pengaruh Penerapan spiritual Based Learning terhadap aksi radikalisme. Fokus dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis spiritual atau spiritual based learning terhadap aksi radikalisme serta penanaman nilai-nilai keagamaan dari segi kongnitif maupun psikomotorik. Data – data penelitian diperoleh dari observasi, angket dan dokumentasi dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan seluruh siswa – siswi MTsN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji kai kuadrat. Berdasarkan dari hasil penelitian ini tidak ada pengaruh penerapan spiritual terhadap aksi radikalisme. Karena nilai hitung lebih kecil daripada nilai H tabel maka dari itu, Ho diterima dan Ha ditolak. Peneliti dapat mengembangkan teori ini lagi karena pencegahan radikalisme menjadi hal yang utama melalui pengembangan kurikulum dan lebih memperbanyak kegiatan keagamaan Ahlussunnah wal-jama’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diba, Icha Faraichafaradiba31@gmail.comD91216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyaifuddin, SyaifuddinUNSPECIFIED196911291994031003
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Remaja
Radikal dan Radikalisme
Toleransi
Teroris
Uncontrolled Keywords: Spiritual Based Learning; dan Aksi Radikalisme.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faradiba Icha
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:10
Last Modified: 10 Sep 2020 13:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38553

Actions (login required)

View Item View Item