Analisis Hukum Islam terhadap Pernikahan yang Walinya Meminta Syarat Sejumlah Uang: studi Kasus KUA Gunung Anyar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrulloh, Wahyu Alvi (2019) Analisis Hukum Islam terhadap Pernikahan yang Walinya Meminta Syarat Sejumlah Uang: studi Kasus KUA Gunung Anyar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Alvi nasrullo_C91215159.pdf

Download (4MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun melalui wawancara, selanjutnya dianalisis dengan teknik kualitiatif deskriptif, analisis dengan pola pikir deduktif, Yang menggunakan hukum Islam sebagai pilar analisisnya.hasil penelitian ini disimpulkan sbb. Pertama, bahwa terdapat kasus pernikahan yang wali nikahnya meminta syarat sejumlah uang terjadi antara seorang ayah sekaligus wali nikah yaitu bapak Prabu dengan seorang putrinya yang bernama Rina, bermula pada saat Rina hendak melangsungkan pernikahan dengan laki-laki pilihannya yang berasal dari warga negara Kroasia, namun ketika sang anak mengabari ayahnya yang pada waktu itu berada diKabupaten Jember. Sedangkan Rina berada di Surabaya, sang ayah meminta sejumlah uang kepada putrinya untuk menjadi wali nikah dipernikahannya tersebut.Kedua, pernikahan yang walinya meminta syarat sejumlah uang tidaklah dibenarkan (haram) dalam hukum Islam sesuai dengan hadith Nabi Saw tentang kewajiban orang tua terhadap anaknya yaitu salah satunya ialah menikahkan setelah dewasa, tanpa adanya syarat ataupun sejenisnya, sebab anak adalah titipan Allah Swt yang harus dijaga dengan penuh keikhlasan. Maka tidaklah benar jika seorang ayah meminta sejumlah uang supaya bersedia menjadi wali nikahnya.Berdasarkan uraian di atas, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya pemahaman tentang perwalian dalam pernikahan, supaya tidak ada kesalahan wali nikah yang meminta sejumlah uang sebagai syarat nikah. Serta memperhatikah aturan hukum sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrulloh, Wahyu Alviwahyualvi79c@gmail.comC91215159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasruhan, MasruhanUNSPECIFIED2004045901
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Nikah
Nikah > Wali Nikah
Uncontrolled Keywords: Pernikahan; Syarat Pernikahan; Wali dengan Syarat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Wahyu Alvi Nasrulloh
Date Deposited: 09 Jan 2020 06:32
Last Modified: 09 Jan 2020 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38546

Actions (login required)

View Item View Item