Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Probing Prompting untuk melatih Partisipasi Epistemik siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Addina, Lu'lu' (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Probing Prompting untuk melatih Partisipasi Epistemik siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Lu'lu' Addina_D74213072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi epistemik didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan mengkoneksikan pengetahuan secara sistematis, yang disusun dengan menghubungkan explanandum (isu yang perlu dijelaskan) ke explanans (cara untuk menjelaskan isu). Untuk melatihkan partisipasi epistemik siswa dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif dengan metode probing prompting merupakan pembelajaran yang menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali gagasan siswa sehingga model pembelajaran ini dirasa dapat melatihkan partisipasi epistemik pada siswa. Berdasarkan pemaparan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru pada pembelajaran menggunakan model kooperatif dengan metode probing prompting terhadap partisipasi epistemik siswa, dan mendeskripsikan partisipasi epistemik siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode probing prompting. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian One Shot Case Study yaitu memberi perlakuan tertentu hanya pada satu kelas tanpa adanya kelas kontrol dan tanpa diadakan suatu tes awal. Penelitian ini dilakukan pada 3 siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Sawoo Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi, Sedangkan instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar pengamatan aktivitas guru, dokumentasi, dan lembar observasi partisipasi epistemik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,54 termasuk dalam kategori baik, dan dapat memunculkan partisipasi epistemik siswa. Subjek pertama dan subjek kedua muncul 10 partisipasi epistemik, subjek ketiga muncul 15 partisipasi epistemik. Partisipasi epistemik siswa yang muncul pada ketiga subjek dalam pembelajaran ini meliputi level explanandum konsep, proposisi, representasi semiotik, model matematika dan solusi konkret. Sedangkan, mode explanans yang muncul yaitu penamaan & penyebutan, perumusan yang jelas, pemaknaan & koneksi, dan evaluasi. Partisipasi epistemik pada pembelajaran menggunakan model kooperatif dengan metode probing prompting ini paling banyak muncul pada kegiatan diskusi dengan level explanandum prosedur dan mode explanans perumusan yang jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Addina, Lu'lu'luluaddina@gmail.comD74213072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id197206071997031001
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting; Partisipasi Epistemik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lu'lu' Addina Luna
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:24
Last Modified: 07 Jan 2020 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38539

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item