Peningkatan penguasaan vocabulary materi transportation melalui media mini book pada siswa kelas V B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhridah, Yusni (2019) Peningkatan penguasaan vocabulary materi transportation melalui media mini book pada siswa kelas V B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusni Muhridah_D97216092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya penguasaan vocabulary tentang materi Transportation pada siswa kelas V B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang kurang inovatif serta anggapan siswa tentang sulitnya pembelajaran bahasa Inggris, sehingga menjadikan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan vocabulary serta menarik minat siswa kelas V B pada pembelajaran bahasa Inggris. Penerapan media mini book diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan.Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan media mini book dalam meningkatkan penguasaan vocabulary materi Transportation pada siswa kelas V B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo. 2) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan vocabulary materi Transportation setelah diterapkannya media mini book pada siswa kelas V B MI Al-Hidayah Sawotratap Gedangan Sidoarjo.Pada penelitian ini digunakan media pembelajaran mini book. Model penelitian tindakan kelas yang dipilih adalah model Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yakni planning (pelaksanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, nontes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media mini book dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, yang dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 83,82 (baik) yang kemudian meningkat menjadi 94,12 (sangat baik) pada siklus II. Hal ini juga didukung dengan meningkatnya hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 72,06 (cukup) yang kemudian meningkat menjadi 92,65 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan penguasaan vocabulary materi Transportation meenggunakan media mini book mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,60 (kurang) dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 46%, pada siklus I menjadi 74,35 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,23 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 92%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhridah, Yusniyusnimuhridah@gmail.comD97216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Muhammad BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED197302022007011040
Subjects: Bahasa Inggris
English Learning
Keywords: Penguasaan vocabulary; Transportation; Mini book.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yusni Muhridah
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:59
Last Modified: 07 Jan 2020 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38536

Actions (login required)

View Item View Item