Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ulfa (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfa Rahmawati_D74215113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa yang valid, praktis, dan efektif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa sebelum dan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang dibatasi pada empat fase yaitu: (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Desain uji coba yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Selanjutnya uji coba perangkat pembelajaran dilakukan pada 22 siswa di kelas VIII A SMPN 1 Wonoayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catatan lapangan untuk mendapatkan data proses pengembangan, teknik angket untuk mendapatkan data kevalidan, kepraktisan dan respon peserta didik, teknik observasi untuk mendapatkan data aktivitas peserta didik dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan teknik tes untuk mendapatkan data ketuntasan hasil belajar dan kemampuan representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinilai “valid” dengan rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 4,34, LKPD sebesar 4,26 dan lembar soal Tes Kemampuan Representasi sebesar 4,32. (2) Perangkat pembelajaran dinilai “praktis” oleh validator dengan rata-rata penilaian “B”. (3) Perangkat pembelajaran dinilai “efektif” berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 72,7% dan aspek keterampilan sebesar 100%. Aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dari yang tidak mendukung KBM, yaitu 94,98% banding 5,02%. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan rata-rata penilaian 3,70. Respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 94,97% dan terhadap LKPD mencapai 94,96%. (4) Kemampuan representasi siswa setelah mendapat pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi mengalami peningkatan sebesar 0,63 berkategori “sedang”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ulfaulfarahmawati75@gmail.comD74215113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi; Kemampuan Representasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulfa Rahmawati
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:45
Last Modified: 07 Jan 2020 05:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38529

Actions (login required)

View Item View Item