Pengelolaan program Building Learning Power (BLP) dalam pengembangan motivasi belajar siswa di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afif, Donny (2019) Pengelolaan program Building Learning Power (BLP) dalam pengembangan motivasi belajar siswa di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Donny Afif_D93215067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini adalah banyaknya sekolah yang hanya mementingkan nilai dan kemampuan hardskill siswa saja. Padahal motivasi belajar siswa akan muncul apabila minat, bakat dan kemampuan softskill siswa dapat dimaksimalkan. Sehingga perlu adanya pengelolaan program Building Learning Power (BLP) agar motivasi belajar siswa di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi manajemen strategi pendidikan berbasis Building Learning Power (BLP) di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo, motivasi belajar siswa di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo dan implementasi manajemen strategi pendidikan berbasis Building Learning Power (BLP) sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah implementasi manajemen strategi pendidikan berbasis Building Learning Power (BLP) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo sudah berjalan cukup baik. Buiding Learning Power (BLP) adalah membangun kapasitas belajar siswa. Kapasitas belajar sendiri adalah kemampuan individu untuk dapat menghadapi berbagai masalah kehidupan di dunia nyata. Learning power sebagai kemampuan dasar seorang siswa terbangun dari tujuh pilar utama yang meliputi: 1) visi pribadi yang kuat, 2) pola pikir positif, 3) kekuatan akhlak, 4) ketangguhan, 5) kecerdasan, 6) kecerdikan, 7) kemandirian (2) Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) di SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo berdampak positif terhadap perkembangan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo sendiri sudah cukup bagus. Motivasi belajar itu bisa dilihat dari cita-cita siswa yang besar. Pengelolaan Program Building Learning Power (BLP) yang diterapkan oleh SMA Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tanda-tanda yang menunjukkan hal tersebut diantaranya adalah siswa mampu berpikir kritis, mampu membuat pertanyaan, banyak prestasi yang diraih, lebih fokus dalam mengejar cita-citanya dan lebih sungguh-sungguh dalam belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afif, Donnydonnyafif@gmail.comD93215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM, MukhlisahUNSPECIFIED2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusUNSPECIFIED2002087303
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pengelolaan Program; Building Learning Power; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Donny Afif
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:19
Last Modified: 08 Jan 2020 02:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38527

Actions (login required)

View Item View Item