Terapi realitas dengan istighfar dan sholawat untuk meningkatkan pengelolahan diri seorang remaja di desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunani, Nur Hanik (2019) Terapi realitas dengan istighfar dan sholawat untuk meningkatkan pengelolahan diri seorang remaja di desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hanik Sunani_B72314076.pdf

Download (7MB)

Abstract

Terapi Realitas Dengan Istighfar dan Sholawat Untuk Meningkatkan Pengelolaan Diri Seorang Remaja di Desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komperatif, yakni membandingkan data teori dan teori data yang ada di lapangan serta perilaku konseli sebelum dan sesudah menerima terapi realitas dengan istighfar dan sholawat. Proses terapi realitas dengan istighfar dan sholawat untuk meningkatkan pengelolaan diri seorang remaja di desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo dilaksanakan melalui tahapan identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi/follow up. Adapun pada proses treatmen konselor menggunakan teknik WDEP (Want, Doing, Evaluation dan Plans) dan terapi istighfar dan sholawat. Kemudian memberikan motivasi sebagai penguatan untuk berkomitmen dan merealisikan rencana tindakan bertanggung jawab yang sudah dibuat oleh konseli. Hasil hasil terapi realitas dengan istighfar dan sholawat untuk menngkatkan pengelolaan diri seorang remaja di desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo dapat ditunjukkan dengan hasil prosesntase 80%. Hasil tersebut dapat dilihat dari kesediaan konseli untuk melakukan rencana- rencana yang telah dibuatnya untuk meningkatkan pengelolaan diri adanya perubahan kebisaan seperti mengerjakan sholat lima waktu, membantu orang tua, beljara mandiri, menggunakan waktu dengan hal yang positif dan peduli terhadap lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunani, Nur HanikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDThohir, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Psikologi Islam
Terapi
Keywords: Terapi Realitas, Istighfar, Sholawat, Pengelolaan diri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Hanik Sunani
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:33
Last Modified: 07 Jan 2020 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38524

Actions (login required)

View Item View Item