The correlation between self-directed learning level and personality traits towards English language learning

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfian, Mohamad Andy (2019) The correlation between self-directed learning level and personality traits towards English language learning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Andy Alfian_D05214013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan antara tingkat belajar mandiri dan karakter kepribadian siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Pembelajaran mandiri mengarahkan kesadaran siswa untuk belajar mandiri. Karakter kepribadian terhadap pembelajaran bahasa Inggris mencerminkan pola pikiran, perasaan, dan perilaku karakteristik siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penting bagi siswa apakah gaya belajar mereka dapat memengaruhi kepribadian mereka sendiri dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis inferensial dalam SPSS 16.0 untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi hipotesis dan korelasi antara tingkat pembelajaran mandiri dan karakter kepribadian siswa terhadap bembelajaran bahasa Inggris. Data diperoleh dari mahasiswa PBI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya di tahun pertama. Penelitian ini menggunakan skala penilaian diri dari angket pembelajaran mandiri (SRSSDL) dan Mini International Personality Item Pool (IPIP). Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat pembelajaran mandiri yang tinggi, terutama di bidang kesadaran. Selain itu, sebagian besar siswa juga memiliki skor tinggi dalam sifat kesadaran. Nilai koefisien Pearson adalah 0,286 yang menunjukkan korelasi positif dan signifikan antara tingkat SDL dan sifat kepribadian siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, Hipotesis Null (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima karena skor signifikannya adalah ≤ (kurang dari) α, artinya ada korelasi antara dua variabel yaitu tingkat belajar mandiri dan karakter kepribadian siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfian, Mohamad Andymohamadandyalfian29@gmail.comD05214013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFitriah, Fitriahfitriahasad@yahoo.com19761004120092001
Thesis advisorAsmiyah, Sitisiti.asmiyah@uinsby.ac.id197704142006042003
Subjects: Bahasa Inggris
Belajar
Mandiri
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Anak > Kepribadian
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pembelajaran Mandiri; Karakter Kepribadian; Pembelajaran Bahasa Inggris.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mohamad Andy Alfian
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:06
Last Modified: 07 Jan 2020 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38520

Actions (login required)

View Item View Item