Keterampilan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi di kelompok B TK Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agharid, Sarah (2019) Keterampilan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi di kelompok B TK Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sarah Agharid_D98215040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menggambar binatang anak usia 5-6 tahun Taman Kanak-Kanak Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo. Dari 17 anak hanya 7 anak yang mampu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya berkembang sesuai harapan.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : 1) bagaimana penerapan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi kelompok B TK Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo? 2) bagaimana peningkatan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi kelompok B Tk Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo?.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model kurt lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, penilaian non tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) penerapan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan pada siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peneliti dan guru kelas pada pra siklus 41,1 % (berkembang sesuai harapan), pada siklus I menjadi 58,7 (berkembang sesuai harapan), meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,4 % (berkembang sesuai harapan). Peneliti dan guru kelas bisa memperhatikan setiap kemampuan yang terdapat pada diri peserta didik. 2) adanya peningkatan kemampuan menggambar binatang berbasis bentuk geometri setelah diterapkannya metode demonstrasi. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus menunjukkan sebesar 41,1 %, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 58.7 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 76,4 % dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agharid, Sarahsarah.agharid1@gmail.comD98215040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIED197001022005011005
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIED197208291999031003
Subjects: Anak
Pendidikan > Anak
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menggambar; Metode Demonstrasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sarah Agharid
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:52
Last Modified: 07 Jan 2020 08:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item