Permainan engklek berbasis pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar anak pada kelompok B Roudlotul Athfal Nurul Islam II Ketapang Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najiha, Malih Laila (2019) Permainan engklek berbasis pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar anak pada kelompok B Roudlotul Athfal Nurul Islam II Ketapang Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Malih Laila Najiha_D08215006 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar anak di RA Nurul Islam II Ketapang Sukodono Sidoarjo. Minimnya metode dan media yang digunakan guru saat pembelajaran dikelas membuat anak merasa bosan dengan pelajaran sehingga mereka kurang berminat untuk belajar. Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan engklek berbasis pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar anak pada kelompok B RA Nurul Islam II Ketapang Sukodono Sidoarjo.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kurt levin yang terdiri dari pra siklus, sikulus I, siklus II dan tiap siklusnya terdapat 4 tahapan (perencanaan, pengamatan, refleksi, dan tindakan). Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, penelitian non tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) Penerapan permainan engklek berbasis pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat belajar dapat dilaksanakan dengan baik. Peneliti memberikan media yang telah disiapkan sesuai dengan tema yang ditentukan. Setiap pertemuan menggunakan sub tema yang berbeda sehingga anak tidak mudah bosan dan selalu ingin tahu apa kegiatan selanjutnya. Peneliti memberikan contoh cara bermain engklek yang benar sehingga anak dapat berlatih keseimbangan untuk tubuhnya. Selain itu, permainan ini belum pernah dikenalkan sebelumnya oleh guru. Dengan modifikasi berbasis pembelajaran tematik membuat anak antusias melakukannya sehingga mereka mudah menerima materi dan dapat meningkatkan minat belajarnya. 2) Minat belajar kelompok B RA Nurul Islam II terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yaituu 52,7 dengan persentase 47,6% dan kategori Mulai Berkembang(MB). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 83,7 dengan persentase 85,7% dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Permainan engklek berbasis pembelajaran tematik dinyatakan dapat meningkatkan minat belajar anak pada kelompok B RA Nurul Islam II Ketapang Sukodono Sidoarjo. Hal tersebut dapat diketahui dari penilaian unjuk kerja pada permainan engklek berbasis pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar anak pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 54,1 dengan persentase 42,7% dengan kategori Mulai Berkembang (MB), kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,35 dengan persentase 85,7% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najiha, Malih Lailanajihalaila22@gmail.comD08215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorMu'allifah, ilunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik ; minat belajar anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Malih Laila Najiha
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:17
Last Modified: 07 Jan 2020 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38511

Actions (login required)

View Item View Item