فعالية استخدام وسيلة التعليم برانمج "دروس اللغة" لرتقية مهارة الكالم لطالب الفصل الثامن يف املدرسة املتوسطة اإلسالمية احلكومية 1 سوراابا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Ani Dhofatun (2019) فعالية استخدام وسيلة التعليم برانمج "دروس اللغة" لرتقية مهارة الكالم لطالب الفصل الثامن يف املدرسة املتوسطة اإلسالمية احلكومية 1 سوراابا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Ani Dhofatun Khasanah_D72215027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Banyak siswa di MTsN 1 Surabaya merasa kesulitan dalam menyusun kalimat khususnya dalam kemampuan Berbicara, karena maharah kalam adalah maharah yang paling sulit diantara maharah lainnya dalam pembelajaran. Dengan tidak adanya lingkungan bahasa dan terbiasa menggunakan bahasa Indonesia. Dan maharah kalam itu membutuhkan usaha dan latihan . Pengajar di sekolah tersebut tidak banyak menggunakan metode pengajaran yang bervariasi. Keadaan ini menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab. Maka dari itu, peneliti menggunakan media “Durus Al-Lughah” untuk meningkatkan Maharah Al-Kalam. Aplikasi ini dilengkapi dengan kosa kata, percakapan dan contoh kalimat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya. 2) untuk mengetahui efektifitas penggunaan media aplikasi “Durus Al-Lughah” dalam meningkatkan maharah kalam siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunan media aplikasi “Durus Al-Lughah” dalam meningkatkan maharah kalam siswa kelas VIII MTsN 1 Surabaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes (pre test dan post test), wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B yang terdiri dari 32 Siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektifitas penggunaan media aplikasi “Durus A-Lughah” untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa hasil analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil T-hitung (12,1), sedangkan T-tabel (1,69). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Ani Dhofatunanidhofatunkhasanah@gmail.comD72215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNu'man, MohammadUNSPECIFIED196902221996031008
Thesis advisorSyarifah, AinunUNSPECIFIED197806122007102010
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Aplikasi Durus Al-Lughah; Keterampilan Mendengar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ani Dhofatun Khasanah
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:24
Last Modified: 07 Jan 2020 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38505

Actions (login required)

View Item View Item