Peran kepemimpinan dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karim, Imdadul (2019) Peran kepemimpinan dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imdadul Karim_D03215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Kepemimpinan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya. Ini didasari semenjak diberlakukannya otonomi daerah, terjadilah desentralisasi pendidikan. hal ini menuntut figur seorang kepala sekolah untuk piawai mengelola sekolah yang dipimpin. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya, implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya, serta Peran Kepemimpinan dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dan yang menjadi bagian dari Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala bagian kurikulum, Wakil kepala bagian kesiswaan, Wakil kepala bagian hubungan masyarakat, dan Wakil kepala bagian sarana dan prasana sebagai informan utama. Obyek penelitian ini adalah implementasi manajemen berbasis sekolah. Data dari hasil penelitian ini didapatkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kepemimpinan di SMP Terbuka 25 Surabaya dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditandai dengan hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan para tenaga kependidikan, serta guru-guru dan antar sesama teman kerja, terciptanya suasana yang kondusif di setiap ruang, baik ruang kerja kepala sekolah, pegawai dan guru. (2) Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya diimplementasikan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk operasional lembaga pendidikan, inovasi program yang memuat nilai-nilai edukatif. (3) Peran Kepemimpinan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Terbuka 25 Surabaya dilaksanakan dengan baik, yang ditunjukkan dengan pemberdayaan tenaga pendidikan dan guru, serta usaha kepala sekolah dalam menerapkan inovasi program baru untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karim, Imdadulkarimimdad09@gmail.comD03215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorHuda, NurilUNSPECIFIED2027068001
Subjects: Belajar
Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Implementasi; Manajemen Berbasis Sekolah; Sekolah Terbuka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imdad Karim
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:23
Last Modified: 08 Jan 2020 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38493

Actions (login required)

View Item View Item