Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awanis, Rifa Firdah (2019) Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifa Firdah Awanis_D74215103.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan penalaran deduktif adalah proses berpikir dalam penarikan kesimpulan untuk menyelesaikan masalah dengan melibatkan teori atau rumus matematika lainnya yang sebelumnya sudah dibuktikan kebenarannya. Self efficacy setiap siswa pastilah berbeda sehingga penalaran deduktif yang dilakukan siswa juga berbeda. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap kemampuan penalaran deduktif siswa dan self efficacy siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran deduktif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari self efficacy yang dimiliki siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 dari 33 siswa kelas IX-B SMPN 55 Surabaya yang terdiri dari 2 siswa dengan self efficacy tinggi dan 2 siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan penalaran deduktif dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa yang memiliki self efficacy tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan penalaran deduktif, yaitu pada aspek melakukan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, aspek menyusun pembuktian langsung, tidak langsung, dan induksi matematika, serta apek mampu menarik kesimpulan dari permasalahan yang ada dengan tepat. Sedangkan siswa yang memiliki self efficacy rendah mampu memenuhi 1 dari 5 indikator kemampuan penalaran deduktif, yaitu pada langkah menyusun pembuktian langsung
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Deduktif, Penyelesaian Masalah Matematika, self efficacy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awanis, Rifa Firdahfirdahawanis@gmail.comD74215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, YuniUNSPECIFIED197306052007012048
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id198111182009121003
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Kemampuan Penalaran Deduktif; Penyelesaian Masalah Matematika; self efficacy.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rifa Firdah Awanis
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:31
Last Modified: 07 Jan 2020 05:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38491

Actions (login required)

View Item View Item