Analisis hukum Islam terhadap konsep Kafalah dalam program Semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Siti (2019) Analisis hukum Islam terhadap konsep Kafalah dalam program Semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Masruroh_C92216203.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Hukum Islam Terhadap Konsep Kafālah dalam Program Semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya” untuk menjawab dua permasalahan yakni : bagaimana konsep kafālah dalam program semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya ?, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap konsep kafālah dalam program semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya ? Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan kesimpulan yang diambil melalui logika deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep kafālah dalam program semanggi di Lembaga Manajemen Infaq Surabaya terjadi ketidaksesuain antara ketentuan-ketentuan kafālah menurut hukum Islam dengan fakta di lapangan berupa tidak ada perjanjian utang-piutang yang melibatkan mākful lahu (orang yang berpiutang) dalam melakukan akad kafālah, tidak ada kejelasan kedudukan para pengajar Taman Pendidikan al-Qur’an sebagai mākful lahu (orang yang berpiutang) atau mākful ‘anhu (orang yang dijamin), dan tidak ada ikatan utang-piutang secara lazim. Menurut hukum Islam, konsep kafālah yang dilakukan oleh Lembaga Manajemen Infaq Surabaya merupakan bukan kategori akad kafālah karena tidak terpenuhi rukun-rukun dan syarat-syaratnya. Dengan demikian kesimpulan diatas menjelaskan bahwa pihak Lembaga Manajemen Infaq Surabaya selaku penggerak pendanaan untuk mengkaji ulang mengenai konsep kafālah karena apabila akad tersebut memberatkan pihak Lembaga Manajemen Infaq Surabaya maka sebaiknya menggunakan alternatif dengan mengubah akad lain yaitu hadiah yang lebih mudah untuk dilaksanakan dan sesuai dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Sitisitimasrurohsmk10@gmail.comC92216203
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRomdlon, M.romdlonawawi@gmail.com196212291991031003
Subjects: Hukum > Hukum Perdata Islam
Uncontrolled Keywords: Konsep Kafalah; program Semanggi; Lembaga Infak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Masruroh
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:27
Last Modified: 07 Jan 2020 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38483

Actions (login required)

View Item View Item