Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Etnomatematika Kultur Arek untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Mustika Ida (2019) Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Etnomatematika Kultur Arek untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mustika Ida Fitria_D74215054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan kemampuan koneksi matematika masih rendah dan masih banyak siswa yang belum mengenal kultur daerah setempat khususnya kultur Arek di Jawa Timur. Kultur Arek merupakan kultur yang mewarnai relasi kebudayaan di Nusantara. Namun, banyak peserta didik yang belum mengetahui dan tidak ikut serta dalam melestarikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, keefektifan perangkat pembelajaran matematika kontekstual berbasis etnomatematika kultur Arek yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD dan soal tes kemampuan koneksi matematika. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas XI-MIPA 1 MAN Kota Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat, teknik observasi untuk data aktivitas siswa dan keterlaksanaan sintaks, teknik angket untuk data respon siswa, dan teknik tes tulis untuk data kemampuan koneksi matematika siswa.Diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Kemudian dilakukan pembuatan perangkat RPP, LKPD dan soal tes kemampuan koneksi matematika berbasis etnomatematika kultur Arek yang selanjutnyta diuji cobakan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,56, LKPD sebesar 3,6, dan soal tes kemampuan koneksi matematika sebesar 3,56. Data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis, masing-masing validator menyatakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat diperoleh bahwa perangkat dikatakan efektif karena persentase aktivitas siswa yang aktif lebih besar daripada yang pasif yaitu sebesar 97,8%, skor kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks sebesar 3,98 tergolong baik, persentase respon positif siswa sebesar 85,6% dan kemampuan koneksi matematika siswa terjadi peningkatan di kategori tinggi naik sebesar 70% dan persentase kategori rendah turun sebesar 16,7%. Pembelajaran matematika kontekstual terbukti mampu untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Mustika Idamustikaida02@gmail.comD74215054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Kontekstual; Etnomatematika Kultur Arek; dan Koneksi Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mustika ida fitria
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:16
Last Modified: 06 Jan 2020 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38480

Actions (login required)

View Item View Item