Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui model Circuit Learning pada siswa Kelas III-C Sekolah Dasar Islam Maryam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmania, Rahmania (2019) Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui model Circuit Learning pada siswa Kelas III-C Sekolah Dasar Islam Maryam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmania_D97216073.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan menulis cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dimiliki oleh siswa kelas III-C SD Islam Maryam Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, penyebab keterampilan menulis siswa rendah dikarenakan kurangnya siswa dalam menuangkan ide-idenya secara tertulis dan siswa tidak bisa fokus pada proses pembelajaran tersebut karena mereka merasa seperti tidak tertarik pada proses pembelajaran. Berdasarkan data awal yang diperoleh, dari 31 siswa hanya 15 siswa yang mampu memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yakni 75. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Circuit Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas III-C SD Islam Maryam Surabaya?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerita setelah menerapkan model pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas III-C SD Islam Maryam Surabaya?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model dari Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-C SD Islam Maryam Surabaya berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Circuit Learning pada siswa kelas III-C SD Islam Maryam Surabaya dilaksanakan dengan baik. Hal ini dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 80 (baik) menjadi 94 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 81 (baik) menjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampian menulis cerita melalui model pembelajaran Circuit Learning pada siklus I yaitu 78 (cukup) menjadi 86 (baik) pada siklus II serta prosentase ketuntasan meningkat dari siklus I sebesar 68% (cukup) menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmania, Rahmaniarahmania608@gmail.comD97216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED197306062003122005
Thesis advisorSihabudin, SihabudinUNSPECIFIED1977022020050110003
Subjects: Keterampilan
Menulis
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Cerita; Model Pembelejaran Circuit Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmania Rahmania
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:04
Last Modified: 07 Jan 2020 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38462

Actions (login required)

View Item View Item