Meningkatkan perkembangan kognitif mengenal warna melalui penggunaan media pasir berwarna di taman kanak-kanak cahaya bunda krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Brenda Rudianto (2019) Meningkatkan perkembangan kognitif mengenal warna melalui penggunaan media pasir berwarna di taman kanak-kanak cahaya bunda krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Brenda Rudianto Putri_D98215039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar anak dalam menghafal macam warna pada usia 4-5 tahun. Taman Kanak-Kanak Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo. Dari 14 anak hanya 7 anak yang mampu mendapatkan nilai sekurang-kurangnya berkembang sesuai harapan. Minimnya media yang digunakan guru saat pembelajaran dikelas membuat anak merasa bosan dengan pelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan media pasir berwarna.Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana peningkatan perkembangan kognitif mengenal warna di TK Cahaya Bunda? 2) Bagaimana penggunaan media pasir berwarna untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Cahaya Bunda ?Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model kurt levin yang terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II, di dalam siklusnya terdapat 4 tahapan (perencanaan, pengamatan, refleksi, dan tindakan). Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi, penelitian non tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) penerapan metode demonstrasi berkembang sangat baik, dalam meningkatkan perkembangaan kognitif anak untuk menghafal macam warna. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peneliti dan guru kelas pada Pra siklus 28,5% (berkembang sesuai harapan), pada Siklus I 49,9% (berkembang sesuai harapan). Ini dikarenakan peneliti dan guru kelas bisa memperhatikan setiap kemampuan yang terdapat pada diri peserta didik. 2) adanya peningkatan kemampuan menghafal macam warna dengan media pasir berwarna setelah diterapkannya metode demonstrasi dari hasil ketuntasan belajar siswa dalam kemampuan menghafal warna melampaui kategori berkembang sesuai harapan. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada pra siklus menunjukkan sebesar 28,5%, pada siklus I memperoleh 49,9% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,5% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang diterapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Brenda Rudiantobrendaputri76@gmail.comD98215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Thesis advisorMustofa, M. BahriUNSPECIFIED197307222005011005
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Brenda Putri
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:47
Last Modified: 06 Jan 2020 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38461

Actions (login required)

View Item View Item