Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model connected mathematic project (cmp)untuk melatih kemampuan spasial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Martha Syarifatus Syamsi (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model connected mathematic project (cmp)untuk melatih kemampuan spasial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marta Syarifatus Syamsi Wahyuni_D04215014.pdf

Download (3MB)

Abstract

GGeometri merupakan salah satu bagian dari matematika yang membahas tentang titik, garis, bidang, dan ruang. Geometri berhubungan dengan konsep-konsep abstrak yang diberi simbol-simbol. Kemampuan spasial adalah suatu keterampilan dalam melihat hubungan ruang, mempresentasikan, mentransformasikan, dan menggambarkan serta mengubahnya kembali kedalam bentuk nyata melalui berbagai pemetaan ruang, gambar, teknik dimensi yang berkaitan dengan ruang nyata maupun ruangan abstrak. Sedangkan Connected Mathematics Project (CMP) adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada pemberian tugas kepada siswa yang berhubungan dengan matematika. Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika ini menggunakan model CMP untuk melatih kemampuan spasial (keruangan) siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, serta untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran mengenai pemahaman siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pembelajaran Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation), (2) Fase Pembuatan Prototipe (Prototyping Phase), (3) Fase Penilaian (Assesment Phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 36 siswa kelas IX-H SMP Negeri 25 Surabaya. Hasil penelitian dikatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,14 dan LKPD sebesar 4,23. Masing-masing perangkat pembelajaran dikatakatan “praktis” dengan mendapat nilai A tanpa adanya revisi oleh dua validator dan nilai B oleh satu validator sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan perangkat dikatakan “efektif” dengan kategori aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 96,53%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,65, dan respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata sebesar 77,65%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Martha Syarifatus Syamsiifacukup@gmail.comD04215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; cmp; kemampuan spasial.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Marta Syarifatus SW
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:52
Last Modified: 07 Jan 2020 02:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38455

Actions (login required)

View Item View Item