Profil kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar Kolb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzula, Nikmatul Firdausi (2019) Profil kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar Kolb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Firdausi Nuzula_D74213082.pdf

Download (8MB)

Abstract

Berpikir aljabar dalam pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan pendekatan-pendekatan pemecahan masalah yang mungkin dapat dilakukan dengan memperbanyak latihan-latihan dalam pembelajaran dikelas. Setiap gaya belajar berpengaruh pada proses kemampuan berpikir siswa. Gaya belajar menurut Kolb adalah kecenderungan seseorang untuk menerima dan mengolah informasi yang dipengaruhi oleh lingkungan yang diciptakan. Terdapat 4 macam gaya belajar menurut Kolb yaitu converger, diverger, assimilator dan accomodator. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahka masalah aljabar berdasarkan gaya belajar Kolb. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 4 siswa dari kelas VII-B dan VII-I SMPN 3 Unggulan Darul Ulum Jombang yang dipilih berdasarkan skor gaya belajar dan rekomendasi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket gaya belajar, tes tertulis kemampuan berpikir aljabar dan wawancara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan berdasrkan pada hasil data yang diperoleh. Hasil analisis data menghasilkan: (1)Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar converger dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi seluruh aspek indikator komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang generalization. (2)Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar diverger dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi seluruh aspek indikator komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang abstrak generalization. (3) Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar assimilator dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi 3 indikator dari 4 indikator yang ada pada komponen berpikir aljabar dan berada pada tahap perkembangan berpikir aljabar yang formal pattern. (4) Kemampuan berpikir aljabar siswa yang memiliki gaya belajar assimilator dalam memecahkan masalah aljabar adalah mampu memenuhi 3 indikator dari 4 indikator yang ada pada komponen berpikir aljabar dan berada tahap perkembangan berpikir aljabar yang formal pattern

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzula, Nikmatul Firdausinuzulaku63@gmail.comD74213082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED197206071997031001
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Berfikir Aljabar; Gaya Belajar Kolb
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nikmatul Firdausi Nuzula
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:21
Last Modified: 07 Jan 2020 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38451

Actions (login required)

View Item View Item