Pengembangan pembelajaran matematika Model Improve dengan pendekatan Thariqah Ta’allum dalam kitab Ta’limul Muta’allim untuk melatih pemahaman konsep siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chikmah, Nurul (2019) Pengembangan pembelajaran matematika Model Improve dengan pendekatan Thariqah Ta’allum dalam kitab Ta’limul Muta’allim untuk melatih pemahaman konsep siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Chikmah_D74213085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pengembangan pembelajaran matematika dengan model IMPROVE dengan pendekatan thariqah ta’allum dalam kitab Ta’limul Muta’allim adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat tingkat pemahaman siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata. Adapun tahapan pengembangannya yaitu studi pendahuluan, perancangan perangkat pembelajaran, dan uji coba terbatas. Pengembangan pembelajaran pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas VIII MTs Nurul Koir Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, validasi ahli, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,97, kevalidan LKS sebesar 4,25, dan soal tes pemahaman siswa 4,29. Kepraktisan untuk RPP mendapatkan nilai B dari ketiga validator dan kepraktisan LKS mendapatkan nilai B dan dinilai A oleh dua validator. Sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 96% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 96,25%, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 82,8%, dan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah pembelajaran diketahui siswa yang tuntas dengan skor tinggi persentasenya sebesar 35%, siswa dengan skor sedang persentasenya sebesar 50%, dan siswa dengan skor rendah persentasenya sebesar 15%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chikmah, Nurulnurulchikmah008@gmail.comD74213085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Model IMPROVE; Pendekatan Thariqah Ta’allum dalam kitab Ta’limul Muta’allim; dan Pemahaman Konsep Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Chikmah
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:47
Last Modified: 07 Jan 2020 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38448

Actions (login required)

View Item View Item