Pelayanan Publik Berbasis Daring : Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahariyah, Nafahatus (2019) Pelayanan Publik Berbasis Daring : Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NAFAHATUS SAHARIYAH_I73216076 (Watermark).pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus pembahasan yang akan dibahas dalam penelitian ini ada dua pokok pembahasan, yakni Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), mengenai bagaimana peranan SIAK itu sendiri sebagai web penertiban dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang, kemudian mengenai manfaat apa yang akan didengan diterapkannya Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Jombang terkait Efektivits waktu dan efisiensi biaya yang dapat dirasakan oleh masyarakat yag ada di Jombang tentunya.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori Fungsional Struktural (AGIL) oleh Talcot Parsons.Dari penelitian ini, menemukan beberapa hasil : (1) SIAK diberlakukan sejak tahun 2011 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang sebagai pengganti SIMDUK. Dalam memanagemen dokumen kependudukan, SIMDUK dirasa kurang optimal dalam memelihara tertib dokumen kependudukan karena pada SIMDUK masih banyak ditemukan data identitas kependudukan ganda. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut Kemedagri memperbaharui sistem yang lama dengan menetapkan sistem yang baru yaitu SIAK dengan harapan mampu menjawab permasalahan pada sistem yang lama. (2) Untuk pengoptimalan keberlangsungan SIAK dalam hal administrasi kependudukan maka diberlakukannya sistem Daring atau dalam jaringan oleh Kemendagri kepada seluruh lapisan pelayanan Administrasi negara. Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se Indonesia penerapan SIAK berbasis Daring ini baru diberlakukan pada tahun 2018. Dengan diberlakukannya SIAK berbasis Daring ini, sedikit banyak membantu kualitas pelayanan public di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahariyah, NafahatusNafahatussahariyah22@gmail.comI73216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, DwiUNSPECIFIED197212221999032004
Subjects: Administrasi
Sosiologi
Keywords: Pelayanan Publik, Daring, SIAK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nafahatus Sahariyah25
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:54
Last Modified: 06 Jan 2020 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38443

Actions (login required)

View Item View Item