Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema 5 subtema 1 materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas iva SD Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ryan, Eka Rahmawati (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema 5 subtema 1 materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas iva SD Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ryan Eka Rahmawati_D97216077.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Inkuri Terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis tema 5 subtema 2 materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IVA SD Bahrul Ulum Surabaya. 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis tema 5 subtema 2 materi sifat-sifat cahaya dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada siswa kelas IVA SD Bahrul Ulum Surbaya.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Bahrul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes kemampuan berpikir kritis IPA siswa dan rubrik tes kemampuan berpikir krritis IPA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru san siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan beprikir kritis IPA dan rubrik penilaian tes kemampuan berpikir kritis IPA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berjalan optimal, dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 74 (cukup), meningkat sebesar 88% (baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70 (cukup), menigkat sebsar 85 (baik) pada siklus II. 2) Kemampuan berpikir kritis IPA menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing mengalami peningkatan pada pra siklus memperoleh 38,46% (sangat kurang). Siklus I memperoleh ketuntasan 52,28% (kurang) dan siklus II memperoleh ketuntasan 79,48% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ryan, Eka Rahmawatiryaneka.uinsby@gmail.comD97216077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
EditorWakhidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
EditorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ryan Eka Rahmawati
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:00
Last Modified: 06 Jan 2020 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38434

Actions (login required)

View Item View Item