Profil Mathematical Belief siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribdian Hippocrates-Galenus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainab, Zainab (2019) Profil Mathematical Belief siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribdian Hippocrates-Galenus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainab_D04214019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mathematical belief siswa dalam menyelesaikan masalah merupakan pandangan siswa terhadap matematika yang tercermin pada usaha siswa dalam mencari solusi dari suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil mathematical belief siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates-Galenus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang diambil dari siswa kelas VIII-B dan VIII-C di SMP Tri Shakti Surabaya semester gasal tahun ajaran 2018/2019, yang terdiri dari 2 siswa tipe kepribadian sanguinis, 2 siswa tipe kepribadian kholeris, 2 siswa tipe kepribadian melankolis,dan 2 siswa tipe kepribadian phlegmatis. Pengumpulan data dengan tes tulis dan wawancara berbasis tugas. Data tes tulis dan wawancara dianalisis berdasarkan Indiana Mathematical Belief Scale (IMBS). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Siswa tipe kepribadian sanguinis memenuhi indikator positif dari aspek konsep matematika, langkah-langkah dan waktu dalam menyelesaikan masalah, pada aspek urgensi siswa memahami perintah soal dengan sekali membaca soal. (2) Siswa tipe kepribadian kholeris memenuhi indikator positif dari aspek konsep matematika, langkah-langkah dan waktu dalam menyelesaikan masalah, pada aspek urgensi siswa memahami perintah soal dengan membaca soal secara berulang-ulang. (3) Siswa tipe kepribadian melankolis memenuhi indikator negatif dari aspek konsep matematika, langkah-langkah menyelesaiakan masalah, urgensi masalah, pada aspek waktu tetap mencoba menyelesaikan masalah meskipun dengan waktu yang lama. (4) Siswa tipe kepribadian phlegmatis memenuhi indikator negatif dari aspek langkah-langkah menyelesaiakan masalah, urgensi masalah, waktu dalam menyelesaikan masalah, pada aspek konsep matematika siswa mendapatkan solusi yang salah namun siswa menyakini solusi yang didapatkan bernilai benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainab, Zainabzainabima22@gmail.comD04214019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Belajar
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Mathematical Belief; Kepribadian; Sanguinis; Khoeris; Melankolis Phlegmatis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainab Zainab
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:42
Last Modified: 07 Jan 2020 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38426

Actions (login required)

View Item View Item