Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Kongruensi Segitiga Berdasarkan Gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nadia Ummi (2019) Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Pembuktian Kongruensi Segitiga Berdasarkan Gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Ummi Sholihah_D74215056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berargumentasi merupakan kecakapan dalam memberikan pandangan/alasan yang didukung oleh data dan melalui proses berpikir yang logis. Sedangkan kemampuan membuktikan merupakan kemampuan dalam memahami pernyataan atau simbol, serta menyusun suatu bukti matematika berdasarkan definisi, teorema, postulat, dan dapat menuliskannya dalam pembuktian yang lengkap. Setiap sisiwa memiliki kemampuan argumentasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan  masalah pembuktian kongruensi segitiga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 4 orang sisiwa kelas X MIPA1 di MAN Sumenep yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling jenis quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berargumentasi dan kemampuan membuktikan dalam memecahkan masalah kongruensi segitiga.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Siswa laki-laki dalam menyampaikan argumennya berada pada level 1 dengan indikator yang terpenuhi adalah claim. Siswa laki-laki cenderung lebih ceroboh dalam mengerjakan soal namun ia lebih mengandalkan kemampuan verbalnya dalam menjawab. (2) Siswa perempuan dalam menyampaikan argumennya berada pada level 3 dengan indikator yang terpenuhi adalah claim, evedince, dan warrant. Siswa perempuan cenderung teliti dalam mengerjakan soal dan lebih mengandalkan kemampuan simboliknya dalam menjawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nadia Umminadiaummisholihah@gmail.comD74215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Argumentasi; Kemampuan Membuktikan; Kongruensi Segitiga; Gender.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sholihah Nadia Ummi
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:52
Last Modified: 06 Jan 2020 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38415

Actions (login required)

View Item View Item