Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model LAPS-Heuristic untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikha, Umu (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model LAPS-Heuristic untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umu Farikha_D74215076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pembelajaran matematika. Di Indonesia kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model LAPS-Heuristic dimana pembelajaran akan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pembelajaran PLOMP yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) Fase Penelitian Pendahuluan (Preliminary Investigation), (2) Fase Pembuatan Prototipe (Prototyping Phase), (3) Fase Penilaian (Assesment Phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-B MTs Negeri Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,52, dan LKPD sebesar 4,46. Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai A dengan tanpa revisi oleh dua validator dan dinilai B oleh satu validator sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 97,4%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,9, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 88,5% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah pembelajaran diketahui siswa yang tuntas dengan skor sangat tinggi persentasenya sebesar 25%, siswa yang tuntas dengan skor tinggi persentasenya sebesar 40,6%, siswa yang tuntas dengan skor sedang persentasenya sebesar 34,3%, dan siswa dengan skor rendah persentasenya sebesar 0%. Sehingga dapat diketahui bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikha, Umuumufarikha09@gmail.comD74215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKurniwan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: KModel LAPS-Heuristic; Kemampuan Pemecahan Masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Umu Farikha
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:57
Last Modified: 06 Jan 2020 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38414

Actions (login required)

View Item View Item