Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Guided Discovery berbasis PhET interactive simulations untuk menurunkan miskonsepsi siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Junaidi, Mochammad (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Guided Discovery berbasis PhET interactive simulations untuk menurunkan miskonsepsi siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Junaidi_D74215099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model guided discovery berbasis PhET interactive simulations adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat penurunan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran model guided discovery berbasis PhET interactive simulations. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 28 siswa kelas VII-D SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Catatan Lapangan Teknik Observasi, Teknik Angket dan Tes Miskonsepsi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan sebesar 4,4 untuk RPP dan sebesar 4,2 untuk LKPD. Data kepraktisan diperoleh semua perangkat pembelajaran baik RPP maupun LKPD dinilai A dengan tanpa revisi oleh tiga validator sehingga perangkat pembelajaran tergolong praktis. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat diperoleh bahwa perangkat dikatakan efektif karena aktivitas siswa aktif selama mengikuti pembelajaran telah memenuhi kriteria “efektif” dengan berdasarkan presentase aktivitas yang aktif sebesar 96,65%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan dengan memperoleh rata-rata sebesar 3,85, dan respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 83,17% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori “positif”, serta menunjukkan penurunan miskonsepsi siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran sebesar 17,85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Junaidi, Mochammadmochammadjunaidi01@gmail.comD74215099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery; PhET interactive simulations; Miskonsepsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mochammad Junaidi
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:32
Last Modified: 06 Jan 2020 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38413

Actions (login required)

View Item View Item