Efektivitas penggunaan media geogebra dan wingeom pada pembelajaran matematika materi dimensi tiga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putrisari, Dwi (2019) Efektivitas penggunaan media geogebra dan wingeom pada pembelajaran matematika materi dimensi tiga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Putrisari_D94214076.pdf

Download (1MB)

Abstract

GeoGebra dan Wingeom merupakan media pendukung dalam proses pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa GeoGebra dan Wingeom terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media GeoGebra dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media Wingeom pada materi dimensi tiga. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-MIA 1 dan XI-MIA 2 SMA Al-Falah Surabaya. Media GeoGebra digunakan di kelas XI-MIA 1, sedangkan media Wingeom digunakan di kelas XI-MIA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang berfungsi untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar angket yang berfungsi untuk mengetahui respon siswa dan lembar tes yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian di analisis untuk memperoleh hasil penelitian berupa data efektivitas penggunaan media GeoGebra dan Wingeom dalam pembelajaran matematika materi dimensi tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran menggunakan masing-masing media termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata 2,93 untuk kelas yang menggunakan media GeoGebra dan 2,96 untuk kelas yang menggunakan media Wingeom. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan masing-masing media termasuk dalam kategori aktif dengan persentase sebesar 95,98% untuk kelas yang menggunakan media GeoGebra dan 96,89% untuk kelas yang menggunakan media Wingeom. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan masing-masing media termasuk dalam kategori positif, dengan persentase sebesar 77,3% untuk kelas yang menggunakan media GeoGebra dan 78,65 % untuk kelas yang menggunakan media Wingeom. Sedangkan, uji kesamaan dua rata-rata untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa −t tabel < -t hitung dengan -t tabel = −2,02600 dan −t hitung = -0,72309 sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media GeoGebra dengan siswa yang menggunakan media Wingeom

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putrisari, Dwiputrianaruto@gmail.comD94214076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorLubab, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorSetyawati, MaunahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Geogebra; Wingeom
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Putrisari
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:13
Last Modified: 07 Jan 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38406

Actions (login required)

View Item View Item