Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika bernuansa Islami dengan strategi REACT untuk melatih kemampuan komunuikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzaiyanah, Muzaiyanah (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika bernuansa Islami dengan strategi REACT untuk melatih kemampuan komunuikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzaiyanah_D74215055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika. Faktanya, kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Berdasarkanuraiantersebut pada penelitian ini, strategi yang tepat digunakan adalah strategi REACT diintegrasikan dengan pembelajaran bernuansa islami. Strategi REACT memiliki 5 tahapan: yaitu Realating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bernuansa islami menggunakan strategi REACT untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Fase pertama data yang diperoleh di SMP Al-Khatibiyah menggunakan pembelajaran konvensional dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Pada fase kedua dihasilkan RPP dan LKPD pembelajaran matematika bernuansa islami dengan strategi REACT untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Pada fase ketiga nilai yang diperoleh untuk perangkat yaitu valid dan siap diuji cobakan di kelas VII-B SMP Al-Khatibiyah Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan di antaranya: catatan lapangan (field note), validasi, observasi, angket, dan tes tulis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,2, dan kevalidan LKPD sebesar 4,2. Data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis dengan penilaian kepraktisan RPP dan LKPD dua poin nilai B dan satu poin nilai A. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat diperoleh bahwa perangkat dikatakan efektif karena persentase aktivitas siswa yang aktif lebih besar daripada yang pasif yaitu sebesar 97,3%, skor kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks sebesar 3,9 tergolong baik, dan persentase respon positif siswa sebesar 97,5%. Hasil kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa diperoleh 10% tergolong sangat tinggi, 70% tinggi, dan 20% sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzaiyanah, Muzaiyanahmuzaiyanah05@gmail.comD74215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Suparto--196904021995031002
Thesis advisorLubab, Ahmad--198111182009121003
Subjects: Matematika
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Strategi REACT; Komunikasi Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muzaiyanah Muzaiyanah
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:46
Last Modified: 10 Dec 2021 06:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38401

Actions (login required)

View Item View Item