Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Ill-Structured Problem Solving Dengan Srategi Cubes Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Ikke Risky (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Ill-Structured Problem Solving Dengan Srategi Cubes Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikke Risky Anggraeni _D04215011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Ill-Structured Problem Solving dengan strategi CUBES untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa tingkat SMP yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu 1) fase penelitian pendahuluan, 2) fase pengembangan atau pembuatan prototype, 3) fase penilaian. Desain uji coba yang digunakan adalah one group pretest posttest. Selanjutnya uji coba perangkat pembelajaran dilakukan pada 34 siswa di kelas VIII-A SMPN 2 Gedangan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinilai “valid” dengan rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 3,8 dan LKPD sebesar 3,74. (2) Perangkat pembelajaran dinilai “praktis” oleh validator dengan rata-rata penilaian “B”. (3) Perangkat pembelajaran dinilai “efektif” berdasarkan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang memperoleh rata-rata sebesar 3,78, aktivitas siswa termasuk dalam kategori “efektif”, karena persentase aktivitas siswa yang mendukkung KBM lebih besar dari persentase aktivitas siswa yang tidak mendukung KBM, yaitu 97,81% dengan 2,19% dan respon siswa menunjukkan respon positif, karena persentase yang diperoleh sebesar 82,34%. (4) Nilai rata-rata siswa sesudah pembelajaran model ill-structured problem solving dengan strategi CUBES lebih tinggi dibanding sebelum pembelajaran model ill-structured problem solving dengan strategi CUBES. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Ill-Structured Problem Solving dengan strategi CUBES dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Ikke Riskyriskyikke@gmail.comD04215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Model Ill-Structured Problem Solving; Strategi CUBES; Kemampuan Berpikir Kreatif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ikke Risky Anggraeni
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:36
Last Modified: 07 Jan 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38400

Actions (login required)

View Item View Item