Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model Project Based Learning dengan pendekatan Metaphorming untuk melatih kemampuan berpikir kreatif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Luthfi Kusuma (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika Model Project Based Learning dengan pendekatan Metaphorming untuk melatih kemampuan berpikir kreatif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfi Kusuma Dewi_D74215096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan isi maupun konstruk, reliabilitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model Project Based Learning dengan pendekatan metaphorming. Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari dari tahap define, tahap design, dan tahap develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Tugas Proyek (LTP), dan instrumen penilaian proyek. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan pada 34 peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 1 Taman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catatan lapangan untuk data proses pengembangan, teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan, teknik observasi untuk data keterlaksanaan sintaks dan aktivitas peserta didik, teknik angket untuk data respon peserta didik, dan teknik tes untuk data kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Selanjutnya, dibuat rancangan awal RPP, LTP, dan instrumen penilaian proyek. RPP, LTP, dan instrumen penilaian proyek dinyatakan valid dengan rata-rata total 4,09 untuk RPP, 4,07 untuk LTP, dan 3,97 untuk instrumen penilaian proyek. Instrumen penilaian proyek dikatakan reliabel dengan rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 0,839. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah dinilai praktis dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran telah dinilai efektif karena aktivitas peserta didik yang aktif lebih besar dari yang pasif dengan persentase sebesar 97,3%, persentase keterlaksanaan sintaks ≥75% yaitu sebesar 96,9% dengan rata-rata total penilaian kemampuan guru sebesar 3,52 dalam kategori sangat baik, persentase respon positif peserta didik sebesar 80,6%. Hasil kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperoleh 58,62% pada kategori kreatif dan 41,38% pada kategori kurang kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Luthfi Kusumaluthfikusuma990@gmail.comD74215096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Project Based Learning; metaphorming; kemampuan berpikir kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Luthfi Kusuma Dewi
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:02
Last Modified: 06 Jan 2020 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38397

Actions (login required)

View Item View Item