Profil Inhibisi Kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uswan, Gustian Bakti (2019) Profil Inhibisi Kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gustian Bakti Uswan_D74213067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil inhibisi kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo pada siswa kelas IX. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang diambil dari kelas IX, yaitu 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial sedang dan 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial rendah, dipilihnya 6 subjek penelitian ini berdasarkan hasil tes visual spasial. Dalam penelitian ini, triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, yaitu data-data inhibisi kognitif dari 2 siswa untuk setiap kelompok kecerdasan visual spasial akan dibandingkan untuk ditemukan kekonsistenan (kesamaan). Pengumpulan data inhibisi kognitif diambil dari hasil tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi pada tahap memahami soal, melakukan inhibisi pada fungsi access (mengabaikan informasi/ide yang tidak relevan), delection (menghapus pemikiran yang sempat terpikirkan)dan restraint (menghentikan informasi/ide yang tidak relevan mendominasi pikiran). Pada tahap merencanakan penyelesaian soal, tidak melakukan inhibisi kognitif. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian soal melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access. Kemudian pada tahap mengecek kembali siswa melakukan inhibisi kognitif pada fungsi access. (2) siswa dengan kecerdasan visual spasial sedang melakukan inhibisi kognitif pada tahap memahami soal yakni fungsi access, dan delection. Namun, pada tahapan-tahapan selanjutnya siwa tidak melakukan inhibisi kognitif. (3) siswa dengan kecerdasan visual spasial rendah tidak melakukan inhibisi kognitif pada semua tahap penyelesaian masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uswan, Gustian Baktibaktijun65@gmail.comD74213067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Keywords: Inhibisi Kognitif; Kecerdasan Visual Spasial; Visual Spasial Tinggi; Visual Spasial Sedang; Visual Spasial Rendah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gustian Bakti Uswan
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:43
Last Modified: 06 Jan 2020 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38396

Actions (login required)

View Item View Item