Strategi Inovasi Loyalitas Donatur di BAZNAS Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'ud, Ahmad (2019) Strategi Inovasi Loyalitas Donatur di BAZNAS Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Suanan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Sa'ud_B94215044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era modern, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Organisasi atau perusahaan perlu menggunakan strategi agar organisasi tersebut dapat mengikuti perubahan dinamika zaman. Organisasi laba maupun nirlaba memerlukan suatu strategi dalam menjalankannya. Strategi berguna untuk menghadapi persaingan dengan organisasi atau perusahaan yang serupa. Dalam perjalanannya, organisasi nirlaba membutuhkan dana dari para donatur. Dalam organisasi nirlaba, donatur merupakan mesin penggerak, agar organisasi dapat berjalan semestinya. Oleh karena itu, strategi diperlukan, agar donatur mempunyai loyalitas dalam memberikan donasi atau sumbangan kepada organisasi nirlaba. Hal tersebut berlaku pada BAZNAS Jawa Timur. Penelitian dengan judul “Strategi Inovasi Loyalitas Donatur di BAZNAS Jawa Timur” memiliki rumusan masalah bagaimana strategi inovasi loyalitas donatur. Selain itu, rumusan masalah juga menanyakan dampak dari strategi inovasi loyalitas donatur di BAZNAS Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi inovasi loyalitas donatur dan dampak dari strategi inovasi loyalitas donatur di BAZNAS Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, serta observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Dalam melaksanakan analisis data, teknik yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Teori yang digunakan adalah teori strategi dan loyalitas dari Ismail Nawawi dan Yulia Larasati Puji.Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan, bahwa strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Jawa Timur adalah dengan membuat strategi inovasi loyalitas donatur. Sementara itu, dampak dari strategi loyalitas donatur yaitu jumlah donasi yang masuk ke BAZNAS Jawa Timur semakin banyak dari tahun ke tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'ud, Ahmadsaud53768@gmail.comB94215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com196212141993031002
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Zakat
Uncontrolled Keywords: Inovasi; loyalitas; BAZNAS; Jawa Timur
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Sa'ud
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:48
Last Modified: 06 Jan 2020 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38394

Actions (login required)

View Item View Item