Peningkatan keterampilan dan pemahaman membaca melalui pendekatan Whole Language Aproach dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia materi cerita fiksi di kelas IV MI Adipura Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2019) Peningkatan keterampilan dan pemahaman membaca melalui pendekatan Whole Language Aproach dalam pembelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia materi cerita fiksi di kelas IV MI Adipura Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirun Nisa'_D97216056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan dan pemahaman membaca pada Pembelajaran Tematik muatan Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi. Hal ini diketahui saat wawancara dan pretest di tahap Prasiklus. Guru masih menggunakan pembelajaran tradisional komunikatif. Hasil pretes juga menunjukkan 50% siswa mendapat nilai Keterampilan dan Pemahaman dibawah rata-rata. Oleh karena itu,upaya yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman membaca adalah melalui pendekatan Whole Language Approach. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1)Bagaimana penerapan pendekatan Whole Language Approach dalam pembelajaran Tematik muatan Bahasa Indonesia materi Cerita Fiksi yang dilakukan untuk peningkatan Keterampilan membaca pemahaman di kelas IV MI Adipura Surabaya? 2)Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui pendekatan Whole Language Approach dalam pembelajaran Tematik muatan Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi di kelas IV MI Adipura Surabaya? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) menggunakan Model Penelitian Kemis & McTaggart yang terdiri dari dua Siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes pemahaman dan keterampilan, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1)Penerapan Pendekatan Whole Language Approach disiklus I untuk observasi aktivitas guru skor akhir adalah 72,91(Baik) dan disiklus II meningkat menjadi 81,25 (Sangat Baik). Sedangkan, untuk observasi aktivitas siswa disiklus I skor akhir adalah 78,33(Baik) dan disiklu II mengalami peningkatan menjadi 88,33 (Sangat Baik). 2)Peingkatan Keterampilan Mmbaca Pemahaman dilihat dari prosentase Ketuntasan belajar pemahaman dan keterampilan yang meningkat dari siklus I kesiklus II. Ketuntasan Belajar Pemahaman disiklus I adalah 58,25%(Baik) dan di sikuls satu meningkat menjadi 81,75%(Sangat Baik), kemudian ketuntasan belajar keterampilan disiklus I adalah 55,55%(Baik) dan meningkat disiklus II menjadi 81,75(Sangat Baik). Dalam Rata-rata kelas Pemahaman maupun rata-rata kelas keterampilan juga mengalami peningkatan. Rata-rata kelas Pemahaman siklus I adalah 69,29 (Cukup) dan meningkat disiklus II menjadi 75,14(Cukup), sedangkan di rata-rata kelas keterampilan siklus I adalah 67,59(Cukup) dan disiklus II menjadi 75,57(Cukup).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirunsebaikbaikwanita0101@gmail.comD97216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED197306062003122005
Thesis advisorSihabuddin, SihabuddinUNSPECIFIED19770220200501103
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Keterampilan dan Pemahaman Membaca; Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi; Pendekatan Whole Language Approach
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoirun Nisa'
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:01
Last Modified: 07 Jan 2020 02:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38391

Actions (login required)

View Item View Item