Peningkatan pemahaman mufradat materi al-Masyrubat wa al-Ma'kulat fi al-Maqhsaf siswa kelas II MI al-Amin Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arbiyanti, Ainun Madilla (2019) Peningkatan pemahaman mufradat materi al-Masyrubat wa al-Ma'kulat fi al-Maqhsaf siswa kelas II MI al-Amin Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Madilla Arbiyanti_D97216095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi Al-Masyrubāt Wa Al-Ma’kulāt Fi Al-Maqshaf siswa kelas II MI Al-Amin Surabaya. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa 11 anak, hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai tutas, sedangkan 8 siswa lainnya belum mencapai KKM. Media flash card ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan dapat membangkitkan rasa antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan media flash card untuk meningkatkan pemahaman siswa materi Al-Masyrubāt Wa Al-Ma’kulāt Fi Al-Maqshaf kelas II MI Al-Amin Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman siswa materi Al-Masyrubāt Wa Al-Ma’kulāt Fi Al-Maqshaf kelas II MI Al-Amin Surabaya.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 siswa kelas II MI Al-Amin Surabaya. Dalam tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media flash card pada materi Al-Masyrubāt Wa Al-Ma’kulāt Fi Al-Maqshaf dilakukan 2 siklus. Hasil dari observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 78,26 (cukup) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 89,13 (baik). Sedangkan hasil dari observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai 79,34 (cukup) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 84,7 (baik). 2) Peningkatan prosentase ketuntasan pemahaman siswa pada pra siklus adalah 27,27% (sangat kurang), siklus I meningkat menjadi 72,72% (cukup), dan siklus II semakin meningkat menjadi 90,9% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arbiyanti, Ainun Madillaainunmadilla98@gmail.comD97216095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED197302022007011040
Thesis advisorShihabudin, ShihabudinUNSPECIFIED197702202005011003
Subjects: Bahasa Arab
Kecerdasan
Kecakapan
Menulis
Uncontrolled Keywords: Mufradat; Media Flash Card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arbiyanti Ainun Madilla
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:17
Last Modified: 07 Jan 2020 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38382

Actions (login required)

View Item View Item