Profil bayangan konsep siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidinah, Septiana (2019) Profil bayangan konsep siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiana Maulidinah_D74214067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bayangan konsep dalam pikiran siswa dapat dipandang sebagai gambaran tentang pemahaman siswa terhadap suatu konsep matematika. Bayangan konsep merupakan struktur kognitif yang tersusun atas gambar mental (mental pictures), sifat-sifat (properties) dan proses-proses (processes) yang terkait dengan suatu konsep matematika. Bayangan konsep mempengaruhi pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa. Bayangan konsep setiap siswa tentunya berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci profil bayangan konsep siswa bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumalah 6 orang yang diambil dari siswa kelas VIII di SMP Al Falah Ketintang Surabaya pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditori dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Pengumpulan data dengan tugas tertulis dan wawancara berbasis tugas. Data tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator bayangan konsep dalam memecahkan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bayangan konsep siswa dengan gaya belajar visual dan auditori dapat mengungkapkan semua aspek bayangan konsep yaitu pada aspek gambar mental, proses dan sifat. Sedangkan untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya tidak dapat mengungkapkan aspek proses pada tahapan memeriksa kembali. Siswa bergaya belajar visual cenderung merepresentasikan masalah menggunakan representasi visual. Siswa bergaya belajar auditori cenderung merepresentasikan masalah menggunakan representasi simbolik. Siswa bergaya belajar kinestetik cenderung menggunakan bentuk penyajian yang terpikirkan pada saat mengerjakan suatu masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidinah, Septianaseptiana.maulidinah@gmail.comD74214067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIED198012072008012010
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Belajar
Matematika
Uncontrolled Keywords: Bayangan Konsep; Pemecahan Masalah; Gaya Belajar; Visual; Auditori; Kinestetik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SEPTIANA MAULIDINAH
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:39
Last Modified: 06 Jan 2020 07:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38376

Actions (login required)

View Item View Item