Pengembangan media pembelajaran Mind Mapping berbasis perangkat lunak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di MA Manba'ul Qur-an Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Solihuddin (2019) Pengembangan media pembelajaran Mind Mapping berbasis perangkat lunak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di MA Manba'ul Qur-an Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Solihuddin Arif_F02317106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media merupakan alat perantara untuk mempermudah seseorang dalam menyampaikan pesan. Dalam ruang lingkup pendidikan, media pembelajaran merupakan hal yang penting untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, begitu juga siswa dapat terbantu dalam memahami materi berkat adanya media yang menarik. Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) memiliki kompleksitas materi yang meliputi nama tokoh, nama tempat, kejadian, tanggal-tanggal, dan sitilah-istilah lain mengenai sejarah Islam. Untuk memahami dan mengingat hal-hal tersebut perlu adanya media yang baik agar mempermudah guru dan siswa untuk tranformasi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mind mapping berbasis perangkat lunak untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas x Madrasah Aliyah untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan level 3 menurut pandangan Sugiyono. Pada level ini peneliti melakukan pengembangan produk yang telah ada untuk kemudian divalidasi, diuji, dan disempurnakan. Adapun tahapan penelitiannya adalah penelitian produk yang telah ada, telaah pustaka dan studi lapangan, perancangan produk, validasi internal oleh para ahli, pembuatan atau perbaikan produk, pengujian terbatas, pengujian skala besar, dan yang terakhir adalah penyempurnaan produk. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk berupa media pembelajaran mind mapping untuk mata pelajaran SKI yang dikembangkan berdasarkan metode penelitian pengembangan level 3 perspektif Sugiyono. 2) Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru SKI di madrasah menunjukkan bahwa produk tergolong dalam kategori valid. 3) Efektivitas belajar siswa meningkat dilihat dari nilai gain yang diperoleh adalah 0,88, sehingga berdasarkan nilai tersebut maka terjadi peningkatan yang tinggi. Untuk respon siswa terhadap penerapan media pada pembelajaran di kelas maupun di luar kelas menunjukkan nilai 97,5% dar total 18 indikator, maka respon positif yang diberikan tergolong sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Solihuddinsoldnarief@gmail.comF02317106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul.masedi@yahoo.com196512241997031001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran; Sejarah Kebudayaan Islam; Mind Mapping; Efektivitas Belajar; Siswa Madrasah Aliyah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solihuddin Arif
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:53
Last Modified: 06 Jan 2020 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38370

Actions (login required)

View Item View Item