Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Model Pembelajaran Osborn dengan Teknik Mnemonik Ditinjau dari Kemampuan Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'adalloh, Sifulan Usatidatul (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Model Pembelajaran Osborn dengan Teknik Mnemonik Ditinjau dari Kemampuan Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sifulan Usatidatul Ma'adalloh_D74215109.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mencari jalan keluar dari sebuah situasi yang disebut dengan masalah. Hal ini menjadi penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika maupun pembelajaran lain. Agar diperoleh hasil analisis kemampuan pemecahan masalah yang baik, maka dilakukanlah model pembelajaran Osborn dengan teknik mnemonik. Setiap siswa memiliki perbedaan kemampuan matematis yang juga mempengaruhi kemampuan pemecahan masalahnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran Osborn dengan teknik mnemonik ditinjau dari kemampuan matematis.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan adalah 2 siswa berkemampuan matematis tinggi, 2 siswa berkemampuan matematis sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematis rendah yang diperoleh dari hasil tes kemampuan matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbasis tugas dan dianalisis berdasarkan indikator dalam setiap tahap kemampuan pemecahan masalah matematis.Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran Osborn dengan teknik mnemonik ditinjau dari kemampuan matematis tinggi adalah dalam kategori mampu. (2) Kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran Osborn dengan teknik mnemonik ditinjau dari kemampuan matematis sedang adalah dalam kategori cukup mampu. (3) Kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran Osborn dengan teknik mnemonik ditinjau dari kemampuan matematis rendah adalah dalam kategori kurang mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'adalloh, Sifulan Usatidatulnasigorengthosing17@gmail.comD74215109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran Osborn; Teknik Mnemonik; Kemampuan Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sifulan Usatidatul Ma'adalloh
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:42
Last Modified: 06 Jan 2020 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38360

Actions (login required)

View Item View Item