Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Menurut Hukum Islam dan UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Ella Eka (2019) Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Menurut Hukum Islam dan UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ella Eka Ratnasari_C05215009.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan tentang “Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepala Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Menurut Hukum Islam dan UU No. 06 Tahun 2014 Tentang Desa.” untuk menjawab permasalahan tentang: 1) Bagaimana pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Desa menurut undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo. 2) Bagaimana analisis hukum islam terhadappelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu, Pengumpulan data, yang terdiri dari (observasi, wawancara dan dokumentasi), langkah kedua yaitu tahap analisis data, yang menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual terhadap fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Kepala Desa di Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo, sudah melakukan upaya untuk mematuhi aturan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.Namun dalam menjalan pelaksanaan tugas dan fungsinya belum sesuai dengan Undang-undang tentang desa, dikarenakan kurangnya koordinasi secara parsitipatif. Hal itulah yang memancing keresahan terhadap pihak Pemerintahan Desa. Sedangkan dalam konteks Hukum Islam yaitu Al-sultah al-tanfidhiyah, Tugas dan Fungsi kepala desa masuk pada Imam/Khalifah yang meliki hak dan kewajiban sebagai kepala pemerintahan agar bersifat adil. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis berharap kepada Kepala Desa Taman Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo agar dalam menjalankan pelaksanaan tugas dan fungsi menurut undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa untuk senantiasa meningkatkan kinerja untuk kesejahteraan semua warga masyarakat. Harapannya supaya terjalin hubungan baik antara pemimpin dan warganya serta menciptakan desa yang sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Ella EkaAhmadsanusi576@gmail.comC05215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje AbdulUNSPECIFIED196310151991031003
Subjects: Hukum Islam
Kepemimpinan
Keywords: Kepala Desa; Tugas dan Fungsi; Hukum Islam; UU No. 06 Thn 2014.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ella Eka Ratnasari
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:52
Last Modified: 06 Jan 2020 08:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38346

Actions (login required)

View Item View Item