Analisis kemampuan berpikir kritis siswa menyelesaikan masalah Aritmatika Sosial menggunakan proses penyelesaian DAPIC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Ahmad Muhibbul (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa menyelesaikan masalah Aritmatika Sosial menggunakan proses penyelesaian DAPIC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muhibbul Hasan_D04214001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan mengolah informasi dengan tujuan dapat membuat sebuah kesimpulan yang dapat dipertanggungjawaban sehingga menghasilkan pengetahuan yang relevan dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampaun berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial menggunakan proses penyelesaian DAPIC ditinjau dari kemampuan matematika. Untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa ini digunakan indikator kemampuan berpikir kritis yang disesuaikan dengan tahapan proses penyelsaian DAPIC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitan ini dilaksanakan di SMPN 5 Sidoarjo pada semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitain diambil dari siswa kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 subjek siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 subjek siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial menggunakan proses penyelesaian DAPIC. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang siswa mampu memenuhi indikator di proses penyelesaian DAPIC namun tidak mampu memenuhi indikator di proses Communicate yaitu mempertimbangkan dan memikirkan secara logis premis, alasan, asumsi, posisi, dan usulan lain yang tidak disetujui oleh mereka atau yang membuat mereka merasa ragu-ragu tanpa membuat ketidak sepakatan atau keraguan itu mengganggu pikiran mereka. Adapun kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah siswa hanya mampu memenuhi indikator di proses penyelesaian DAPIC yaitu pada proses Define siswa mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi, dan mengidentifikasi atau merumuskan pertanyaan dan proses Implement yaitu mengecu pada asumsi yang tidak ditanyakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Ahmad MuhibbulHasanppo999@gmail.comD04214001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikr kritis; DAPIC; Aritmatika sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Muhibbul Hasan
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:31
Last Modified: 12 Feb 2020 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/38344

Actions (login required)

View Item View Item